Teknik Penyembelihan Hewan Kurban

  • 06 July 2021
  • Admin

Teknik Penyembelihan Hewan Kurban Setiap tanggal 10 dzulhijjah seluruh umat muslim akan merayakan hari perayaan idul adha yang diikuti dengan hari perayaan qurban. Dalam perayaan hari raya qurban umat umat muslim akan mengadakan acara penyembelihan hewan hewan ternak. Hewan ternak yang akan disembelih tentunya merupakan hewan hewan yang dihalalkan untuk mengkonsumsi dagingnya seperti sapi, kambing, domba dan lain lain.

Dalam ajaran agama islam menyembeli hewan qurban tentu ada atunranya, tidak hanya sekedar menyembelihnya saja karena jika hewan hewan tersebut disembelih dengan cara yang asal asalan maka akan halal lagi. Lantas bagaimana cara menyembelih hewan qurban.? Sebelum kita akan membahas mengenai cara atau tekhnik menyembelih hewan qurban ada beberapa hal yang wajib anda ketahui terlebih dahulu terkait hewan ternak yang boleh disembelih.

Hewan qurban yang akan disembelih diwajibkan untuk memilih hewan hewan qurban yang sehat atau tidak cacat. Adapun ciri ciri hewan qurban yang tidak sah jika disembelih.
Hewan yang matanya buta
Hewan yang salah satu kakinya pincang
Hewan yang sedang sakit
Hewan yang sangat kurus
Hewan yang mempunyai telinga terputus sebagian atau seluruhnya
Hewan yang ekornya terputus sebagian atau seluruhnya

Sementara untuk ciri ciri hewan yang baik disembelih seperti
Nafsu Makan Baik
Cermin Hidung Hewan Basah
Mata Bersinar

Jika hewan qurban yang anda pilih telah memenuhi kriteria tersebut maka hewan tersebut boleh disembelih, nah pada proses penyembelih hewanpun ada aturan dan caranya, untuk atran dan cara bisa anda simak di bawah ini.

Orang yang boleh melakukan penyembelihan harus beragama islam, tau tata cara penyembelihan berdasarkan ajaran islam, sudah baligh, dan berakal sehat.

Sedangkan untuk tata cara penyembelihan sebagai berikut Menggunakan pisau yang tajam, semakin tajam pisaunya, maka akan semakin baik. Hal ini telah didasarkan oleh hadist Syaddad Bin Aus radhiallahu ‘anhu, jika Nabi SAW berkata. ” Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan melakukan ihsan dalam segala macam hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan, dan jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya.” (HR. Muslim)

Baiknya tidak mengasah pisau yang akan digunakan untuk menyembelih dihadapan hewan yangg akan disembelih. Hal ini dapat membuat hewan yang akan disembelih itu takut sebelum disembelih, hal ini didasarkan pada hadist Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma yang mengatakan “Rasulullah SAW memerintahkan agar mengasah pisau tanpa memperlihatkan kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Menghadapkan hewan ke kiblat.
Membaringkan hewan qurban diatas lambung sisi kiri.
Menginjakan kaki pada bagian leher hewan.
Membaca Basmalah hendak akan menyembelih.

Membaca takbir
Menyebutkan nama orang yang akan menjadi tujuan hewan qurban tersebut.
Menyembelih dengan cepat supaya meringankan apa yang sedang dialami hewan.
Memastikan pada bagian kerongkongan, tenggorokan, atau dua urat leher itu telah terpotong dengan pasti.
Dilarang mematahkan leher sebelum hewan tersebut benar-benar mati.
Itulah beberapa cara atau tekhnik menyembeli hewan qurban berdasarkan ajaran islam.