Tetap Semangat Dan Sehat Saat Puasa ini Dia Caranya

  • 26 March 2021
  • Admin

Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya. Disaat bulan puasa banyak yang memiliki kendala lemas,kurang semangat dan pastinya kesehatan pada tubuh mulai menurun. Menurut dokter kesehatan penyebab kondisi tubuh kurang semangat dan juga seringnya lemas, itu disebabkan karena kadar gula yang berada di dalam tubuh  semakin lama semakin berkurang . maka dari itu perlunya dalam mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan juga berbuka puasa.

Tetap Semangat Dan sehat Saat Puasa ini Dia caranya:

1.       Konsumsi Makanan Berserat dan air putih
Disaat tubuh cukup akan asupan serat , itu bisa membuat penyerapan pada karbohidrat  secara bertahap dan efek pada tubuh akan terasa kenyang lebih lama  membuat energy pada tubuh tidak cepat berkurang.
 
2.       Berolahraga Ringan
Di saat berpuasa itu bukan alasan untuk kita tidak berolahraga. Olahraga bisa membuat tubuh menjadi fit disaat puasa. Olahraga tidak harus dengan yang berat-berat , tetapi bisa dengan berolahraga ringan seperti jalan kaki sekitar 15-30 menit dan juga menggerakkan tangan dan juga kaki supaya tidak kaku.
 
3.       Biasakan tidur siang
Tidur siang disaat puasa itu bisa membuat kita lebih semangat dalam berpuasa, karena waktu siang adalah pilihan tepat untuk beristirahat disaat  puasa, karena kita malamnya bngun untuk melakukan sahur.
 
4.       Makan makanan berat  setelah sholat tarawih.
Disaat berbuka puasa makanlah dengan makanan yang ringan  dan kalau mau makan makanan  yang berat makanlah setelah sholat tarawih. Agar jika  kita makan makanan berat  saat berbuka puasa akan menyebabkan perut sakit dan juga berat badan akan cepat meningkat. Dan juga bisa membuat ibadah  yang terlewatkan.
 
5.       Konsumsi Multivitamin
Disaat menjalankan ibadah puasa pastinya asupan dan juga minuman yang biasa diserap  pada tubuh kita pastinya akan cepat berkurang  daripada biasanya.oleh karena itu  perlunya  mengkonsumsi Multivitamin agar  tubuh tetap semangat dan sehat dalam menjalani puasa.

Di bulan puasa ramadhan merupakan kesempatan bagi kita umat muslim untuk meningkat kan  ibadah  dan juga ketaqwaan  kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Puasa juga bisa meningkatkan kesehatan dalam pemilihan makanan saat berbuka puasa dan juga sahur  dilakukan sesuai dengan porsi dan kemampuan tubuh . kalau berbuka puasa jangan sampai makan yang terlalu banyak dan juga puasa bukan sebagai  ajang bermalas- malasan . Malahan  berpuasa bisa menjadikan momen untuk kita bisa melatih diri  agar bisa menjadi sehat.