Tips Controlling Agar Anak Tidak Candu Gadget

  • 30 December 2021
  • Admin

Tips Controlling Agar Anak Tidak Candu Gadget, Gedejet merupakan suguhan yang digunakan untuk mengasuh anak jaman sekarang. Kehadiran gadget di sana sini membuat anak anak akhirnya memiliki ketertarikan dengan gadget, yang disebabkan oleh kebiasaan orang sekitar bermain gadget.

Kebiasaan anak bermain gadget menyebabkan terbentuknya kecanduan terhadap mereka. Banyak anak anak jaman sekarang yang tidak bisa jauh dari gadget, mulsai dari bagun  tidur hingga mreka tertidur lagi. 

Memberikan anak bermain dengan gadget mamang saat ini sudah tampak menjadi suatu hal yang biasa, namun dampak dari seorang anak yang kecanduan  gadget tentu ada. Salah satu masalah yang akan terjadi pada anak yang kecanduan gadget adalah munculnya masalah perkembangan motorik pada anak. Terlebih pada anak-anak usia di bawah lima tahun yang masih mengalami pertumbuhan signifikan. Selain itu, masalah sosial dan interaksi dengan lingkungannya pun jelas akan bermasalah.

Anak Kecanduan Gadget? Coba Tips Ampuh Berikut
Bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.? Apakah dengan mengambil paksa gadget akan menjadi cara yang akurat.? Perlu diketahui, tindakan tersebut dapat memicu terjadinya kekerasan pada anak. Maka dari itu, pintar pintarlah untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa tips berikut mungkin akan dapat membantu.

1. Orang Tua Membuat Aturan
Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai orang tua dalam menyikapi hal ini adalah dengan membuat sebuah aturan. Buatlah suatu kesepakatan dengan anak terkait seberapa lama mereka diperbolehkan untuk bermain gadget. Perjanjian ini harus disiplin dikontrol dan ditegakkan orang tua agar-agar anak-anak ikut disiplin. Sebagai orang tua yang membuat aturan tentu harus konsisten dengan aturan yang dibuatnya.

2. Mengalihkan Perhatian Anak
Mungkin anda telah terbiasa dengan pemandangan anak yang sibuk dengan gadgetnya, sehingga membuat mereka malas untuk keluar bermain. Nah disinilah and perlu mengambil peran mereka

Lakukan sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari gadget. Anda mengajaknya keluar bermain bersama, berkebun, olahraga atau kegiatan lainnya yang mungkin dapat mengalihkan perhatian mereka.

Ketika anda menemukan suatu hal yang dapat mengalihkan perhatian mereka, maka jadikan hal tersebut sebagai kegiatan sehari hari. Dengan begitu nantinya mereka akan secara perlahan dapat meninggalkan gadget mereka.

3. Batasi Akses Penggunaan
Jangan biarkan anak untuk bebas mengakses segala fitur yang terdapat pada gadget, misalnya seperti media sosial playstore dan lain lain. Ini bertujuan untuk menghindari dampak buruk dari penggunaan gadget yang dapat mempengaruhi akhlak mereka nantinya.

Jika mereka kerap kali menggunakan gadget untuk bermain game, maka pilihlah game yang dapat mengedukasi dan baik untuk perkembangan mereka di masa yang akan datang.

4. Sediakan Permainan Alternatif
Saat ini ada banyak jenis mainan edukatif di pasaran. Pilih jenis mainan yang juga bisa membuat anak fokus dengan mainan tersebut, membuat anak berkreasi membuat sesuatu sehingga ia tidak cepat bosan saat menggunakannya.

5. Contoh yang Baik dari Orang Tua
Tahukah anda bahwa sebagian besar dari kebiasaan seorang anak terbentuk dari kebiasaan para orang tua yang mereka saksikan setiap harinya. Maka dari itu, jika anda ingin membuat mereka melepas gadgetnya, maka mulailah dari diri anda sendiri sebagai orang tua.

Apabila anda memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bermain bersama mereka, pastinya mereka nantinya akan demikian.