Tips dan Trik Belanja di Tanah Suci

  • 23 February 2021
  • Admin

Tips dan Trik Belanja di Tanah Suci Umroh dan haji merupakan ibadah yang paling umat islam impi-impikan dan juga penantian yang sangat lumayan lama. Khususnya bagi. Yang dana nya  pas-pasan. Seperti ibadah haji agar bisa berangkat ke tanah suci harus menabung lebih lama, sambil menanti antrian untuk berangkat ke tanah suci. Tetapi jika kalian mempunyai dana yang cukup dan lebih, kalian bisa berangkat haji lebih cepat tidak perlu menunggu lama

kalau umroh pun bagi yang dananya pas-pasan juga perlu menabung . dan menunggu tidak begitu lama dibanding  ibadah haji.
Walaupun keberangkatan ke tanah suci tujuan utamanya adalah untuk beribadah tetapi  para jamaah tidak akan pernah lupa dengan namanya membeli oleh-oleh  untuk  dibagikan kepada para sahabat, tetangga dan juga kerabat terdekat.  Biasanya di kota mekkah banyak sekali pedagang  yang membuat kalian bingung  untuk  memilih dimana  kalian untuk berbelanja. Disini penulis akan memberikan Tips dan Trik Belanja di tanah Suci sebagai berikut:

1.       Daftar belanjaan
Sebelum berangkat ke tanah suci , kalian perlu membuat daftar siapa saja yang akan diberikan oleh-oleh  dan juga oleh-oleh apa saja yang akan dibeli. Dengan membuat daftar ini, kalian bisa menentukan budget dan tidak bingung untuk membeli oleh oleh .

2.       Tampil seadanya
Saat berbelanja di  tanah suci, kalian pakailah penampilan yang seadanya dan sederhana, dan tidak mencolok. Jika kalian berpenampilan mencolok , pastinya akan diberikan harga yang lebih mahal dan susah ditawar. Tetapi jika penampilan kalian biasa-biasa saja. Umumnya pedagang akan memberikan harga yang sewajarnya. Dan bisa ditawar.

3.       Memilih tempat belanja sesuai kemampuan
Kalau kalian mempunyai budget yang tidak banyak,  belanjalah di pedagang kaki lima yang biasanya berada di sepanjang jalan kota mekkah. Jangan . dalam berbelanja  jangan terburu-buru, telitilah dalam berbelanja agar  mendapatkan barang yang bagus dan juga harga tidak terlalu mahal.

4.       Bicara menggunakan bahasa arab
Saat berbelanja  gunakan bahasa arab, supaya para pedagang disana menganggap kalian  tidak mudah ditipu jadi mereka akan selalu memberikan harga yang tidak mahal.  Karena jika kalian menggunakan bahasa arab, bisa memperlancar dalam transaksi.
Biasanya oleh-oleh  umroh atau ibadah haji  yang sering dibeli adalah tasbih, paket zam-zam. Kurma,kismis, kacang arab dan lain sebagainya.
Begitulah ulasan tentan Tips dan Trik Belanja di tanah suci. Semoga bermanfaat