Tips Etika Bermedia Sosial dalam Islam

  • 01 December 2021
  • Admin

Tips Etika Bermedia Sosial dalam Islam, Di era modern tanpa batas, membuat setiap orang dapat saling terhubung satu sama lain. Namun di balik sebuah kelebihan pasti akan ada kekurangan dan sisi negatif yang dapat berdampak kurang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dalam Ajaran Islam, kita dituntut untuk selalu berbuat baik dan termasuk saat bermedia sosial.

Etika Bermedia Sosial dalam Islam
Seperti yang diketahui, bermedia sosial merupakan sebuah hal yang hampir dilakukan oleh semua orang dan bahkan bermedia sosial saat ini telah menjadi bagian dari rutinitas sehari hari. Sebagai suatu aktivitas yang kerap kali dilakukan setiap harinya, maka sudah sewajarnya kita sebagai umat muslim memahami terkait adab dan etika dalam bermedia sosial agar nantinya hal tersebut tidak akan berdampak buruk baik bagi pengguna maupun orang lainnya. Agar bermedia sosial tidak menyebabkan suatu hal yang berdampak negatif yuk simak etika media sosial yang baik dalam Islam.

1.Muraqabah
Etika yang pertama meyakini bahwa segala hal yang kita lakukan diawasi oleh Allah SWT. Apapun yang akan kita posting, bagikan dan termasuk niat dari membagikan sesuatu dalam media sosial, Allah Maha Mengetahui segalanya. Dengan begitu kita pasti akan merasa lebih waspada ketika berbagi segala hal yang akan kita bagikan pada media sosial.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “Jika kamu menampakkan sesuatu atau menyembunyikannya, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Ahzab: 54).

2.Hisa b
Ingatlah bahwa segala hal yang kita lakukan kelak akan menjadi tanggung jawab kita di dunia akhirat. Allah berfirman, “Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat Dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya. Barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar Dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya.” (QS. Az-Zalzalah: 7-8).

3.Istifadah
Segala hal yang kita lakukan hendaknya mengambil manfaatnya. Tidak ada salahnya jika kita menggunakan media sosial jika hal tersebut memiliki manfaat yang jauh lebih besar, namun jika malah sebaliknya yang menyebabkan banyak kerugian, ada baiknya jika kita sebagai umat muslim menjauhinya.

Rasulullah bersabda, “Di antara tanda baiknya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya.” (HR. At Tirmidzi).

4.Bertanggung jawab
Siap menggunakan media sosial berarti kita juga harus siap bertanggung jawab atas apa yang kita posting ke hadapan publik. Seorang muslim beretika baik akan berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu atau menanggapi sesuatu. “Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati akan diminta pertanggung jawabannya.” (QS. Al-Isra’: 36)

5.Menjaga batasan pergaulan
Dalam bermedia sosial sebaiknya kita selalu menjaga batasan dalam pergaulan dan terutama antara laki laki dan perempuan. Meskipun dalam bermedia sosial kita tidak berhadapan secara langsung percayalah bahwa media sosial mampu menjerat kita dalam perasaan sakit hati saat berinteraksi dengan lawan jenis. Maka dari situlah kita harus membatasi interaksi dengan lawan jenis melalui media sosial.

6.Memperhatikan pertemanan
Berteman di medsos mestilah mempertimbangkan kebaikan dengan timbangan ilmu syar’i. Jangan Bermudah-mudahan mengikuti status seseorang yang tak jelas kebaikannya. Ibnu Mas’ud pernah memberikan nasihat, “Jika engkau sekedar menjadi pengikut kebaikan, maka itu lebih baik daripada engkau menjadi panutan dalam kejelekan.” (Kitab Al Ibanah).

7.Wasilah
Untuk menciptakan hal kebaikan dalam media sosial, kita dapat menggunakan media sosial sebagai sarana wasilah, yang artinya manfaatkanlah medsos untuk menebar kebaikan. Sebagai contoh, memposting ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, kata mutiara para shahabat Rasulullah, permasalahan agama dan lain sebagainya.

8.Tidak lalai
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang  yang menggunakan media sosial kerap kali melupakan waktu lantaran terlalu hanyut dalam bermedia sosial. Sebagai pengguna media sosial yang baik, sebaiknya kita tidak pernah lalai dengan waktu dan tugas yang menjadi tanggung jawab kita sehari hari.

Itulah tips etika bermedia sosial dalam islam yang baik. Pastikan bahwa anda benar benar menggunakan media sosial dengan bijak.