Tips Melawan Pandemi Covid-19 Sesuai Ajaran Islam

  • 27 December 2021
  • Admin

Tips Melawan Pandemi Covid-19 Sesuai Ajaran Islam, Sejak 2019, Indonesia dilanda oleh pandemi covid 19 yang mengancam kesehatan kita. Kemunculan virus tersebut memberikan dampak secara langsung pada aktivitas masyarakat yang dimana kita dianjurkan untuk tidak berkontak secara langsung dengan orang di luar rumah, sebab dapat memicu terjadinya penularan virus covid 19.

Melawan Pandemi Covid-19 Sesuai Ajaran Islam
Dalam hal ini kita juga diperintahkan untuk terus menjaga kesehatan, Islam mengajarkan beberapa cara untuk menjaga kesehatan di tengah merebaknya virus corona seperti sekarang ini. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi tips melawan pandemi covid dalam Islam. Seperti apa caranya.? Simak penjelasan berikut.

Gunakan masker
Dalam penyebaran virus corona, bersin dan batuk seringkali menjadi sarana penyebaran virus covid 19. Menggunakan masker dapat mengurangi resiko terpaparnya virus covid 19 yang disebabkan oleh batuk dan bersin dari penderita covid. 

Masker memang tidak disebut secara langsung dalam Al-Qur’an maupun hadis. Akan tetapi kita sebagai Muslim diwajibkan untuk menaati peraturan yang ada. Dengan memakai masker bukan berarti kita takut terhadap covid-19 tetapi justru karena kita takut kepada Allah.  Dengan menjalankan perintahnya, yaitu dilarangnya kita mencampakkan diri dalam kebinasaaan. Hal ini pun sejalan dengan firmanNya yang berbunyi:

‘‘Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.’’ (QS. Al-Baqarah 195)

Tutup mulut ketika bersin
Menutup mulut ketika bersin merupakan salah satu cara agar tetap sehat dan terhindar dari covid 19. Ketika saudara bersin, saudara bisa menutup mulut dengan menggunakan tisu atau sapu tangan, namun jika salah satunya tidak ada, maka saudara bisa menggunakan tangan, agar kuman maupun bakteri yang dikeluarkan tidak terpapar atau terkena orang sekitar.

Menutup mulut ketika bersin sejalan dengan pernyataan Abu Hurairah Ra: ‘‘Rasulullah Saw apabila bersin meletakkan tangan atau kainnya di mulut, lalu beliau menahan atau meredam suaranya.’’ (HR. Abu Daud dan Ahmad)


Jaga jarak dan jauhi kerumunan
Jaga jarak adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan sebagai upaya menjaga diri dari penyebaran covid 19. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan sejalan dengan sabda Rasulullah Saw yang berbunyi:

"Jika kamu mendengar tentang Tho'un (sejenis wabah penyakit yang mematikan) di suatu tempat, maka janganlah kamu memasukinya (tempat itu). Apabila kamu (terlanjur) berada di tempat yang terkena wabah itu, maka janganlah kamu keluar dari tempat itu." (HR. At-Tirmidzi dari Sa'id).

Pada hadis di atas, Rasulullah Saw memberikan dua pilihan untuk kita dalam menghadapi wabah penyakit, yaitu jangan memasuki daerah tersebut dan bagi yang sudah terlanjur, maka jangan keluar dari daerah tersebut agar tidak tertular terhadap orang lain.  Rasulullah itu juga dikenal dengan nama karantina. 

Memakan makanan yang bergizi
Dalam Al- Qur`an  Allah SWT telah yang menyiratkan perintah untuk menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang bergizi dalam firmanNya yang berbunyi:

“Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepada kalian  sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kamu kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al-Maidah: 88)

Dari ayat di atas, Allah SWT memerintahkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang bermanfaat dan tidak hanya sebatas halal saja, namun nutrisi atau kandungan yang terdapat di dalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini, sama saja dengan kita berjihad di jalan Allah SWT, yaitu dengan cara tidak membiarkan tubuh kita jatuh dalam keadaan sakit, agar tubuh dapat selalu mampu beraktivitas dengan baik dan tubuh dapat selalu mampu beraktivitas dengan baik dan termasuk dengan menjalankan ibadah dan perintah Allah SWT.