Tips Membangun Komunikasi Efektif untuk Masuki Dunia Kerja

  • 21 December 2021
  • Admin

Tips Membangun Komunikasi Efektif untuk Masuki Dunia Kerja, Dalam menjalankan dunia kerja, komunikasi memainkan peran yang penting, yang dimana adanya komunikasi yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Tanpa adanya komunikasi, pekerjaan tidak akan dapat tersampaikan dengan baik, struktur kerja dalam perusahaan akan menjadi berantakan sehingga dapat memicu terjadinya berbagai masalah antar karyawan, dan bahkan antar karyawan dengan atasan.

Apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini, yang menuntut para karyawan untuk menerapkan sistem Work From Home atau bekerja dari rumah. Semua bentuk komunikasi menjadi virtual dan memicu terjadinya miskomunikasi atau kesalahpahaman.

Membangun Komunikasi Efektif untuk Masuki Dunia Kerja
beberapa yang perlu diperhatikan dan diterapkan sebagai upaya membangun komunikasi yang baik. Lalu bagaimana caranya.? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Membuat Forum Diskusi
Diskusi merupakan salah satu bentuk komunikasi di tempat kerja yang umum dilakukan. Anda dapat saling bertukar pikiran dalam mencari dan menemukan solusi dalam setiap penyelesaian sebuah pekerjaan. Dengan adanya sarana komunikasi yang baik dalam sebuah tim, maka akan memicu terjadinya ikatan rekan kerja yang kuat. Dengan diskusi kita dapat menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah brainstorm ide yang unik dan inovatif.

2. Menghindari Konflik
Konflik dalam dunia kerja sudah menjadi hal yang lumrah. Kehadiran sebuah konflik dapat merubah situasi kerja menjadi canggung dan merasa tidak nyaman. hal tersebut biasanya terjadi dikarenakan timbulnya sebuah kesalahpahaman atau kesalahan dalam berkomunikasi yang membuat satu belah pihak menjadi merasa tersinggung.
Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari konflik, yaitu dengan cara membangun komunikasi yang positif, jelas mudah dan dapat dipahami oleh pihak lain. Pastikan bahwa setiap penyampaiannya tidak merugikan orang lain.

3. Terbuka terhadap Feedback
Perusahaan adalah satu tempat untuk mengembangkan dan menunjukan skil yang dimiliki. Kritik dan saran dari orang lain dapat membuat anda menjadi lebih baik. Maka dari itu, selalu diterima dengan baik kritik dan saran dari orang lain yang bertolak belakang dengan anda.

4. Menjadi Pendengar yang Baik untuk Rekan Kerja
Komunikasi di tempat kerja tidak hanya berdasarkan apa yang ingin Anda sampaikan. Namun, Anda juga harus mendengarkan apa yang rekan atau atasan Anda ingin sampaikan. Kebanyakan orang lebih lebih suka untuk berbicara dan menyatakan apa yang ingin dia sampaikan, namun sedikit yang ingin mendengarkan orang lain. Oleh karena itu, Anda dapat membangun komunikasi yang sehat dengan mendengarkan orang lain sebagai bentuk perhatian Anda terhadap mereka.

5. Menciptakan Komunikasi yang Efektif
Komunikasi yang terlalu bertele-tele dan tidak tepat sasaran akan membuat tujuan yang Anda ingin sampaikan menjadi sulit dipahami dan dimengerti. Hindari cara berkomunikasi yang tidak efektif agar siapapun yang mendengar Anda akan menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan.
Nah itulah beberapa tips dalam membangun komunikasi yang efektif ketika anda memasuki dunia kerja. Semoga tips yang telah kami berikan dapat bermanfaat untuk kita semua.