Tips Mendapatkan Berkah Ramadan

  • 03 November 2021
  • Admin

Tips Mendapatkan Berkah Ramadan, Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Saat memasuki bulan suci ramadhan, umat muslim akan memperbanyak ibadah dan amal kebaikan. Bulan suci ramadhan dipercaya sebagai bulan berpahala, sebab pahala yang diperoleh dalam bulan suci ramadhan akan dilipatgandakan dari pahala kebaikan pada bulan bulan lainnya.

Selain ibadah wajib seperti shalat, puasa dan zakat, tentu kita harus mengetahui amalan-amalan lainnya agar kita mendapatkan keberkahan bulan suci Ramadhan,  seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah berikut ini.

1. Puasa Ramadhan dengan Kesungguhan

Berpuasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan dalam menjalankan puasa ramadhan kita harus benar benar melakukan puasa dengan kesungguhan hati. Kesungguhan hati yang dimaksud adalah sunguh sungguh beribadah seperti berpuasa, shalat dan ibadah ibadah lain yang dianjurkan dalam ajaran Islam.

2. Memperbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah adalah salah satu cara memperoleh keberkahan ramadhan. Melakukan ibadah tidak hanya menjalankan ibadah yang wajib saja, melainkan juga ibadah yang menjadi sunnah dari para rasul. Ada banyak sekali ibadah sunah yang bisa kita kerjakan, salah satunya yang hanya bisa dikerjakan di bulan ramadhan adalah shalat tarawih.

3. Perbanyak Berdoa

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di dunia. Bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat baik untuk panjatkan doa. Segala amal kebaikan yang dilakukan selama bulan suci ramadhan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda, lalu apakah Anda masih mau menyia-nyiakan waktu istimewa di bulan ini? Kita belum tentu bisa merasakan bulan ramadhan tahun depan, karena tidak ada yang tau kapan seorang manusia akan meninggal.

4. Menuntut Ilmu dan Berdakwah

Setiap aktivitas baik yang dilakukan dalam bulan suci ramadhan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Alangkah lebih baiknya jika momen bulan ramadhan dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan, lebih-lebih jika bisa menyampaikannya kepada orang lain.

5. Mencari Lailatul Qadar

Dalam bulan suci ramadhan, Allah SWT menambahkan kemuliaan bulan ramadhan dengan adanya lailatul qadar di salah satu malam di bulan tersebut. Keistimewaan yang didapatkan oleh orang yang beramal shaleh pada malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala amal yang sebanding dengan amal yang dilakukan selama seribu bulan.

Malam tersbeut adalah malam yang dinilai malam paling special dalam bulan suci ramadhan, maka dari itu sebaiknya perbanyak amal kebaikan.