Tips Mengatur Pola Tidur Saat Bulan Puasa

  • 03 May 2021
  • Admin

Tidur merupakan waktu yang sangat ideal saat kita beristirahat setelah melakukan pekerjaan yang berat dan tubuh kita pastinya akan merasakan lelah. Begitu halnya  saat ini  bulan suci ramadhan yang merupakan bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim sedunia. Yang dimana pintu ampunan maaf dibuka lebar dan pintu surga dibuka selebar – lebarnya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Dibulan ini semua umat muslim berlomba –lomba beribadah untuk mendapatkan pahala yang besar dan juga berkah. Pahala di bulan suci ramadhan akan dilipat gandakan .

Supaya kita selalu segar dan sehat dalam menjalankan ibadah puasa, kita harus menjaga pola makan , minum dan juga istirahat yang cukup.  Dalam mengatur waktu istirahat  , kita harus membuat jadwal  dan  kita wajib selalu menjalankannya dengan disiplin . terutama jadwal waktu istirahat tidur  karena tidur bisa membuat tubuh kita akan selalu fit dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. berikut ini Tips Mengatur  Pola Tidur Saat Bulan Puasa:

Tidur lah Lebih Cepat.  Dibulan puasa ini pastinya kita akan bangun tidur tidak seperti biasanya . tetapi bangun tidur lebih cepat untuk melakukan sahur. Oleh karena itu kita bisa menyiasati dengan melakukan tidur lebih cepat. Seperti jika kita biasa tidur jam sepuluh malam. Maka kita tidurlah lebih cepat satu jam sebelumnya, jadi kita tidur jam Sembilan malam.
Mencoba tidur Power Nap.  Merupakan waktu tidur yang hanya cukup 20 menit saja di sela kegiatan yang bertujuan agar stamina menjadi bugar kembali. Disaat melakukan Power Nap disarankan cukup 20 menit saja tidak lebih, karena saat tidur nyenyak itu bisa membuat menimbulkan rasa lelah .

Memperhatikan Lingkungan Tidur.  Dalam kondisi akan tidur kita perlu memastikan situasi atau kondisi di dalam ruangan tetap tenang dan juga cahaya yang minim. Bisa juga  memakai earplug atau disebut dengan masker mata supaya bisa memudahkan tubuh cepat tidur dan istirahat.

Perhatikan Pola Makan.  Agar tidur kita nyaman dan mudah. Disarankan saat berbuka puasa kita hindari makanan yang memiliki kalori yang banyak, gula,terlalu pedas,atau juga makanan gorengan yang mengandung minyak yang berlebih. Sistem pencernaan pada tubuh memerlukan usaha yang lebih ekstra  untuk mengolah  makanan tersebut yang juga bisa memiliki resiko waktu tidur yang terganggu.