Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Suci

  • 07 April 2021
  • Admin

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Suci.  Pada bulan suci ramadhan  bukan alasan untuk tetap menjaga kesehatan.  Karena puasa itu sangat menyehatkan  untuk tubuh kita dimana semua organ tubuh beristirahat total pada jam-jam yang seharusnya  tubuh kita mengolah makanan yang baru masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan pada tubuh selama puasa  . kita tetap selalu makan-makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan selalu mengatur gaya hidup.  Ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan dibulan Suci Ramadhan  dimana sekarang ini  seluruh dunia tengah terdampak corona.

1.       Selalu makan - makanan Bergizi
Disaat puasa waktu makan kita secara tidak langsung akan berubah tidak seperti biasanya. Biasanya orang lagi puasa makannya sehari hanya dua kali, disaat berbuka puasa dan juga sahur pada waktu pagi menjelang sholat subuh. Maka dari itu  perlunya memakan –makanan yang bergizi  seperti daging, sayur, dan juga buah –buahan yang memiliki khasiat protein dan juga vitamin yang banyak.  Tidak ada salahnya kita minum vitamin-vitamin untuk menambah gizi tubuh kita.

2.       Menjaga  kondisi kesehatan  yang khusus
Jika kalian memiliki kondisi kesehatan yang khusus seperti halnya punya masalah dengan  Maag . supaya puasa bisa berjalan dengan lancar ,  kalian bisa menjaga nya dengan menghindari makanan yang akan membuat maag menjadi kambuh. Seperti mengurangi makanan pedas, berminyak dan lainnya. Kalian bisa juga berkonsultasi ke dokter sebelum kalian menjalankan puasa. Agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

3.       Selalu berolahraga
Olahraga sangat diperlukan dalam berolahraga. Disaat puasa kita bisa mengurangi olahraga yang berat. Yang biasanyanya kita olahraga lari, sekarang disaat puasa kita bisa cukup berjalan kaki saja. Asalkan tubuh kita berkeringat saja. Olahraga disaat puasa lebih baiknya dikerjakan di sore hari. Karena kalori pada kita akan lebih cepat terbakar.

4.       Cukup Istirahat.
Disaat puasa usahakan mengatur pola tidur . hindari lah begadang, karena kalau begadang bisa membuat kita tidak bisa bangun sahur dan di siang harinya akan membuat badan lemas dan lesu.  Usahakan juga tidur siang sebentar saja setidaknya cukup satu jam saja.

 5.       Membuat Jadwal
Alangkah baiknya kita membuat jadwal dalam skala prioritas dalam beraktivitas selama bulan suci ramadhan.  Kita bisa membuat jadwal agar  waktu istirahat, beribadah  dan juga waktu saat bekerja di rumah. Selalu menjalankan  jadwal dengan disiplin . supaya kita selalu bisa produktif   dalam menjalankan ibadah puasa dan juga ibadah lainnya.