Tips Umroh Dibulan Ramadhan Agar Lebih Maksimal

  • 02 February 2021
  • Admin

Tips Umroh Dibulan Ramadhan Agar Lebih Maksimal. Umroh merupakan ibadah yang bisa disebut dengan haji kecil. Dimana umroh biasanya dikerjakan untuk sembari menanti waktu kita berangkat haji atau juga jika orang tua kalian sudah memiliki umur yang  lanjut dan khawatirnya jika menanti ibadah haji  tidak terpenuhi, maka ibadah umroh lah solusinya, karena umroh  dikerjakan kapanpun  bisa tidak menunggu hari khusus layaknya ibadah haji.

Tetapi ada waktu yang paling banyak para jamaah melaksanakan ibadah umrah, yaitu  di waktu  bulan suci ramadhan. Dimana dibulan suci ini para jamaah dari seluruh dunia membanjiri  masjidil haram dan juga masjid Nabawi.  Itu di karenakan ada hadis Rasulullah  shalallahualaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim, kalau pahala umrah di bulan ramadhan setara dengan pahala ibadah haji.

Oleh karena itu penulis ingin berbagi tips Umroh Dibulan Ramadhan agar lebih maksimal sebagai berikut:

1.       Mempersiapkan fisik
 Selama bulan ramadhan di  arab Saudi selalu menjadi puncak dimana musim panas  sangatlah ekstrem  apalagi saat di siang hari bisa mencapai  45 derajat celcius.  Perlunya menjaga tubuh tetap selalu dalam kondisi prima . caranya dengan minum air putih yang banyak saat buka sampai sahur . setelah itu kalian bisa memaksimalkan  waktu siang hari untuk beristirahat karena di malam hari biasanya akan digunakan  untuk ibadah. Selalu konsisten ritme biologis sehingga tubuh kita tetap memperoleh waktu tidur yang cukup.

2.       Mempersiapkan perlengkapan sesuai dengan musim
 Di bulan ramadhan di tanah suci bermusim panas maka kalian bisa membawa pakaian yang menyerap keringat dan bawa kain atau masker untuk menutupi mulut dan hidung , untuk alas kaki pakailah sepatu. Dan jangan lupa membawa obat-obatan seperti obat batuk dan flu.

3.       Jalan lebih awal
Selalu jalan ke masjidil haram ataupun ke masjid Nabawi sebelum Adzan . dalam keadaan sudah berwudhu  dan juga  saat mau berbuka puasa , lebih baik kalian datang satu jam sebelum adzan . karena jika tidak seperti itu kalian tidak akan mendapatkan tempat di dalam masjid . yang mau tidak mau kalian shalat di pelataran .

4.       Persiapkan Mental
Sebelum waktu keberangkatan umroh pastikan kalian sudah siap akan mental dalam menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi  di tanah suci. Selalu memperbanyak dzikir dan mengingat allah subhanahu wa ta’ala yang bisa membuat hati kalian akan menjadi tenang. Karena biasanya ekspektasi tidak sama dengan kenyataan , banyak para jamaah, yang tidak sabar, lelah,stress yang berefek  tubuh menjadi drop dan sakit.