Tips Untuk Memilih Sekolah Dasar Islam Yang Tepat

  • 23 December 2021
  • Admin

Tips Untuk Memilih Sekolah Dasar Islam Yang Tepat, Salah satu tugas orang tua terhadap anak anaknya adalah menyekolahkan mereka. memilih sekolah untuk anak bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu. Terutama bagi kita seorang Muslim, pendidikan untuk seorang anak tidak hanya sebatas pendidikan umum saja melainkan pemahaman terkait agam juga perlu untuk diperhatikan, pasalnya ilmu agama akan akan membantu anak untuk tumbuh menjadi sosok orang yang berakhlak.

Ini Tips Memilih Sekolah Dasar Islam
Sekolah dasar yang baik adalah sekolah yang mampu membentuk karakter anak menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Setiap sekolah memiliki guru dengan sistem pengajaran dan guru yang berbeda beda. Untuk mendapatkan sekolah dasar yang islami terbaik, alangkah anda mengikuti tips berikut ini.

1. Luruskan Niat
Niat sangat penting bagi setiap orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Pendidikan umum memang penting tapi pendidikan agama juga tidak kalah penting. Pendidikan agama dapat membantu anak memiliki perilaku positif dan sesuai dengan aturan agama. Di sini peran orang tua sangat penting. Jika dari awal orang tua yang tidak memiliki niat untuk memberikan pendidikan agama maka anak juga mengikuti. Anak sekolah dasar biasanya masih menurut dengan keinginan orang tua. Untuk itu sebagai orang tua harus memikirkan hal tersebut sejak dini. Pendidikan agama tidak hanya bermanfaat untuk hidup dunia tetapi juga kelak hidup di akhirat.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan
Agar proses pendidikan dapat berjalan dengan baik, penting halnya bagi anda untuk menyesuaikan kemampuan anak dengan sekolah yang akan dipilih. Pastikan juga bahawa nantinya anda memiliki waktu untuk mengantar dan menjemput anak saat sekolah. Meskipun anak sudah masuk ke sekolah, bukan berarti urusan pendidikan sepenuhnya dapat diserahkan ke pihak sekolah. Anda sebagai orang tua juga penting halnya untuk mendidik anak ketika berada di rumah. Untuk itu pastikan sekolah dasar islam yang Anda pilih nantinya memiliki rasa kepedulian untuk selalu mengingatkan orang tua anak dan mengawasinya.

3.Kurikulum Sekolah Sesuai Ajaran Islam
Sekolah yang baik menurut Islam adalah sekolah yang memiliki kurikulum yang sesuai dengan ajaran Islam, misalnya seperti taat dan mencintai Allah dan Rasulnya. Kurikulum sekolah sesuai ajaran islam sudah pasti akan mendidik putra putrinya sesuai rambu-rambu agama. Dengan begitu Anda dapat merasa lebih tenang, sebab Anda telah memberikan pelajaran Agama Islam melalui memiliki sekolah dengan kriteria tersebut.

4. Pemilihan Guru Baik dan Memiliki Akhlak yang Baik
Seperti yang diketahui, setiap orang memiliki karakter yang berbeda beda, dan begitu pula dengan seorang guru yang memiliki cara yang berbeda beda dalam mendidik. Dengan begitu,  penting hanya untuk memilih guru yang tepat untuk anak. Pastikan bahwa guru yang akan mendidik anak anda memiliki akhlak yang baik. Untuk hal ini anda bisa menanyakan langsung kepada anak atau murid yang sebelumnya pernah dididik oleh guru tersebut. dengan begitu, anda akan menjadi lebih mudah dalam menentukan mana guru yang baik untuk anak anda.

5. Menyesuaikan Kemampuan dan Minat Anak
Pastikan bahwa anda sebagai orang tua selalu memantau pertumbuhan anak. Para orang tua yang kerap kali memantau pertumbuhan anaknya, pasti lebih tau terkait bakat si anak. Maka dari itu, anda bisa menyesuaikan bakat anak dengan sekolah yang akan anda pilih. Pastikan bahwa sekolah tersebut sesuai dengan kemampuan dan bakat anak agar nantinya mereka dapat mencapai sebuah prestasi yang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya.

Itulah beberapa tips untuk memilih sekolah dasar Islam yang tepat. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.