Yuk Lihat Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan

  • 26 March 2021
  • Admin

 7 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan. Bulan ramadhan waktu yang paling  bagus untuk menambah pahala. Terutama pahala bersedekah. Sedekah  tidak semerta merta hanya uang saja, tetapi dalam sedekah bisa juga dengan ilmu ataupun bisa memberikan bantuan dengan tenaga  bisa juga sebagai sedekah yang paling bermanfaat.

Rasul kita Nabi Muhamad Shallallahu alaihi wasallam  sangat dermawan di saat bulan suci ramadhan. Ketika beliau bertemu dengan malaikat jibril dengan membacakan padanya Al – Quran.  Malaikat jibril  bertemu beliau  setiap malam  di bulan ramadhan. Terus membacakan ayat suci al quran . Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat malaikat  jibril menemui beliau , lebih dermawan dalam melakukan kebaikan  dibanding angin yang berhembus.

Jadi melakukan amalan sedekah di bulan ramadhan sangat ditekankan . sedekah juga bisa kalian awali dengan hal-hal yang sederhana yang bisa bermanfaat . disini kita akan menyebutkan tujuh bentuk sedekah di bulan ramadhan  yang mudah dikerjakan.

1.        Mengajar membaca Alquran
Dalam mengajarkan membaca alquran , kita bisa lakukan kepada keluarga terdekat kita. Sebagai contoh mengajarkan kepada sepupu atau keponakan yang masih kecil. Tetapi jarang sekali yang langsung terjun dan mereka mau  belajar membaca alquran . tetapi kalian bisa memanfaatkan media digital  agar bisa membuat suatu aplikasi pembelajaran yang mudah dan juga menyenangkan. Jadi sedekah  pada bulan ramadhan yang diterapkan lewat ilmu tetap bisa disalurkan tanpa batas dan juga hambatan.

2.       Memberikan informasi yang bermanfaat
Pada bulan ramadhan kita bisa bersedekah dengan cara yang paling sering kita kerjakan dan lakukan setiap hari. Seperti halnya kita sering menggunakan media sosial seperti facebook dan juga instagram. Nah dengan media tersebut, yang biasanya kita buat status yang tidak jelas , kita bisa share artikel-artikel tentang agama islam . yang pastinya insya allah jika yang membaca nya dan merasa bermanfaat, insya allah kita akan mendapatkan pahala nya..

3.       Membagikan takjil
Takjil adalah  makanan ringan untuk mengawali berbuka puasa. Jika kalian merasa malu terjun langsung membagikan takjil di jalan raya , kalian bisa membagikan di masjid dekat rumah kalian. Seperti kolak, kurma, bubur ataupun kue  dan lainnya.

4.       Menyediakan makanan berbuka puasa
Sedekah pada bulan suci ramadhan bisa kalian lakukan dengan menyediakan  makanan  untuk berbuka puasa, kalian bisa bagikan kepada tetangga , bisa membawakan ke masjid orang yang ada di jalan . atau kepada orang yang lebih membutuhkan. Jadi sedekah yang diberikan bisa menjadi suatu amalan yang baik dan sunnah di bulan puasa ramadhan.
 
5.       Memberikan makanan sahur
Membagikan makanan sahur kepada orang yang sedang mengalami kesulitan  bisa menjadi sedekah yang baik kepada mereka .  karena ada yang tidak bisa sahur karena kekurangan .
6.       Membangunkan orang sahur.
Membangunkan orang sahur adalah suatu kegiatan yang sudah sangat familiar di bulan puasa, dan menjadi suatu hal rutinitas dilakukan  oleh seorang muslim . biasanya dilakukan dengan  berkeliling kampung. Membangunkan orang untuk sahur merupakan hal yang paling sederhana dalam melakukan sedekah di bulan ramadhan.
7.       Keutamaan sedekah pada bulan ramadhan.
Bersedekah di bulan ramadhan memiliki beragam  keutamaan seperti, sedekah dapat menghapus dosa, melipatgandakan pahala  di bulan ramadhan, sedekah bisa membuka pintu surge dan lain sebagainya.
Begitulah 7 bentuk sedekah di bulan  ramadhan , semoga dengan ulasan singkat ini, kalian bisa mengerjakan sedekah dari hal yang paling sederhana.